Laman

Label

Rabu, 06 Juni 2012

Asal Usul Cikal bakal Piala Eropa (Tropi Henri Delaunay)

    Sepak Bola/Sepak bola eropa




     Henry Delaunay, seorang tokoh yg menjadi inisiator pencetus pertama peyelengaraan piala eropa, pria yang pada tahun 1924-1929 aktif sebagai sala satu anggota Board di FIFA ini bersama Jules rimmet ikut andil dalam lahirnya Piala Dunia atau FIFA Word cup.
    
     di tahun 1927 Henri delaunay bersama Hugo meisl menawarkan ide dengan mengajukan proposal untuk mengadakan kompetisi antar negara benua eropa. Namun saat itu usulanya mentah.

      saat pembentukan UEFA tahun 1954, Henri delaunay kembali menawarkan ide untuk mengadakan peyelengaraan kompetisi piala eropa dengan Peyelenggaranya diadakan dua tahun sebelum atau setelah Piala dunia, dengan sistem ini delaunay menjamin jika Piala eropa tidak akan mengganggu Kualifikasi Piala dunia.

      sayang perjuangan henri delaunay harus terhenti ketika Ia menghembuskan Nafas terakhir pada tanggal 9 november 1955, tapi putranya, Pierre terobsesi dan berambisi melanjutkan perjuangan ayahnya, bersama para jurnalis dari prancis dia terus melanjutkan perjuangan ayahnya untuk melahirkan Piala eropa.

     akhirnya pada tahun 1958 dalam pertemuan UEFA di Stockholm (Swedia) melahirkan putusan penting untuk menggelar kompetisi antar negara benua eropa setiap empat tahun sekali yang di beri nama "Europan Cup Nations" yang menjadi cikal bakal Piala eropa sekarang. 

     Henry delaunay memang tidak pernah menyaksikan Piala eropa yang bergulir pertama kali pada tanggal 6 juli 1960, namun tanpa jasanya mungkin Piala eropa tidak akan pernah ada, Untuk menghormati jasa-jasanya itu  tropi Piala Eropa di beri nama Tropi " Henry delaunay Cup"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like This bro